Penyu atau Kura – Kura

Hal yang paling sering terjadi adalah banyak orang yang keliru membedakan antara penyu dan kura-kura. Dan mungkin lebih sulit lagi mengidentifikasi jenis-jenis penyu, apalagi melihat penyu saja belum pernah. Beberapa perbedaan mendasar antar penyu dengan kura-kura adalah sebagai berikut:

  • Kepala penyu tidak dapat masuk ke dalam karapas / tempurung penyu, sedangkan kura-kura dapat memasukkan kepalanya ke dalam tempurungnya.
  • Bentuk kaki pada penyu (flipper) nampak seperti dayung, sedangkan pada penyu berbentuk menjari.
  • ​Penyu hidupnya di laut dan kura-kura hidupnya di darat dan air tawar.

Banyak hal yang dapat kita pelajari tentang bumi ini dengan mengacu pada kehidupan penyu. Karena mereka telah ada di bumi ini semenjak ratusan juta tahun yang lalu, dan mereka berkelana di seluruh samudera yang ada di dunia ini. Namun demikian kini mereka berjuang untuk bertahan hidup, karena sebagian besar ancaman datang akibat dari kegiatan manusia. Namun apakah artinya bagi manusia? Beberapa arti penting tentang keberadaan penyu bagi manusia:

  • Menandakan daerah tersebut masih bebas polusi (karena penyu bernafas dengan paru-paru)Memberikan makan ikan atau biota laut sekitar dengan sisa metabolisme penyu tersebut
  • Memindahkan unsur hara dari tempat subur ke tempat lain saat bermigrasi. Sehingga daerah yang dilewatinya menjadi subur.
  • Melindungi penyu juga berarti harus merawat dan melindungi pantai peneluran dan perairan laut tempat penyu beruaya. Pada akhirnya manusia juga yang diuntungkan