Click here to change this text

Nama Indonesia : Penyu Belimbing
Bahasa Inggris : Leatherback turtle
Nama ilmiah : Dermochelys coracea
Nama daerah :

UKURAN
Panjang 121 – 183Cm, bahkan pernah ditemukan yang berukuran 305 Cm
Berat: penyu dewasa 250 – 700 Kg
Makanan : ubur-ubur
​Jumlah Sarang per musim : 4 – 6 sarang
Re-nesting interval : 9 – 10 hari
Remigration interval : 2 – 3 tahun
Jumlah telur : 80 – 100 butir

TEMPAT HIDUP
​Umumnya ditemukan di daerah tropis, namun juga dapat ditemukan sampai di daerah perairan dingin. Di Indonesia banyak dijumpai di daerah kepala burung Papua, pantai Jamursbamedi. Pernah ditemukan bertelur di pantai selatan kabupaten Klungkung – Bali. Ditemukan juga bertelur di pesisir selatan pulau Jawa, pantai di Kab. Pacitan Jawa Timur.

CIRI-CIRI UMUM
Penyu Belimbing adalah satu-satunya jenis penyu yang tidak memiliki cangkang/ tempurung/ karapas yang keras. Karapasnya berbentuk juring-juring sperti buah belimbing. Tubuhnya berwarna hitam dengan berbintik putih. Penyu ini adalah jenis penyu dengan ukuran yang terbesar.

DILINDUNGI DI INDONESIA
Dilindungi oleh pemerintah Republik Indonesia sejak tahun 1987 berdasarkan keputusan Menteri Pertanian No. 327/Kpts/Um/5/1978.

SAMPAH PLASTIK
Penyu Belimbing akan sulit membedakan makanannya dengan sampah kantung plastik yang ada di lautan, sering ditemukan jenis penyu ini mati karena memakan sampah plastik. Jadi cara yang paling mudah untuk membantu penyu adalah dengan membuang sampah pada tempatnya dan kurangi menggunakan tas/kantong plastik.